Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu Tidak Sadari

Kerontokan rambut adalah kondisi yang umum dialami oleh semua orang. Penyebab kerontokan rambut juga bermacam-macam dan dapat diakibatkan oleh hal hal yang tidak kamu duga loh! 

Apa saja yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut? Yuk bahas bersama REE!

1. Faktor Genetis

Kerontokan rambut bisa terjadi karena gen yang diturunkan dari orang tua atau keluarga kamu. Faktor genetik juga mempengaruhi kapan dan seberapa parah kerontokan yang kamu alami. Contohnya pada wanita yang mengalami kerontokan rambut karena faktor genetik dapat terjadi saat usia 20 tahun.

2. Penyakit di kulit kepala

Rontok yang kamu alami juga dapat terjadi karena kamu mengalami penyakit pada kulit kepala. Beberapa contoh penyakit yang dapat terjadi di kulit kepala kamu yaitu: 

  • Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut yang disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur atau virus. Folikulitis biasa ditandai dengan rasa gatal dan perih pada kulit kepala, selain itu kamu mungkin merasa kulit kepala melepuh dan terdapat jerawat pada kulit kepala. 

  • Tinea Capitis

Tinea capitis adalah penyakit pada kulit kepala yang ditandai dengan kulit kepala bersisik dan pitak dan dapat menyebabkan benjolan merah dan bercak hitam pada kulit kepala. Benjolan yang kamu alami dapat mengakibatkan peradangan pada kulit kepala dan mengakibatkan kerontokan rambut yang kamu alami. 

3. Kekurangan vitamin dan nutrisi

Saat tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi kamu juga mungkin mengalami kerontokan rambut. Contohnya saat kamu kekurangan protein. Protein adalah zat pembangun utama pada tubuh, jika tubuh kekurangan protein maka struktur rambut dapat melemah, dan memperlambat pertumbuhan rambut sehingga pertumbuhan rambut baru dapat terhambat. 

4. Konsumsi Obat Tertentu

Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, seperti obat untuk kanker, depresi, masalah jantung, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kelebihan suplemen vitamin A ternyata juga dapat menjadi pemicu rambut rontok.

5. Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh juga dapat mempengaruhi kerontokan rambut. Misalnya, pada ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami penurunan kadar estrogen. Alhasil, rambut akan lebih cepat memasuki fase istirahat (telogen). Pada saat fase ini terjadi, rambut akan mengalami kerontokan setiap harinya dan semakin hari akan semakin banyak. 

 

Cara mengatasi kerontokan rambut

Setelah mengetahui penyebab kerontokan rambut, REE bantu kasih solusi untuk mengalami kerontokan rambut ya!

1. Cukupkan asupan nutrisi

Konsumsi makanan juga berperan penting dalam memelihara kesuburan rambut. Konsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, zinc dan vitamin dapat membantu menjaga kesuburan rambut dan mencegah kerontokan.

2. Hindari stress

Kebanyakan orang yang stres biasanya mengalami kerontokan rambut. Jadi sebaiknya kamu menghindari stres dengan melakukan berbagai kegiatan positif dan menyenangkan seperti berkumpul bersama teman dan keluarga, berolahraga dan melakukan kegiatan meditasi.

3. Tidur yang cukup

Waktu tidur yang cukup juga dapat mencegah kerontokan rambut. Tidur 7-8 jam sehari adalah waktu ideal agar tubuh dapat mengatur hormon yang bisa membantu dan meregenerasi sel sel pertumbuhan rambut.

  1. Gunakan perawatan rambut yang tepat

Selain keramas dan menggunakan kondisioner yang dapat mengurangi kerontokan rambut, kamu dapat mencoba memberikan perawatan lain pada rambut, salah satunya Ree Derma Hot Oil! 


Ree Derma Hot Oil mengandung 100% bahan alami salah satunya yaitu coconut oil dan capsicum anuum yang dapat membantu masalah kerontokan rambut, membantu stimulasi pertumbuhan rambut baru dan menetralisir kulit kepala sehingga dapat membantu memelihara kesehatan rambut.