Penyebab Rambut Kering dan Mengatasinya

Apakah rambut kamu rontok, patah, bercabang, kasar saat dipegang dan berwarna kusam? Tahu kah kamu ini adalah tanda rambut yang kering, lho! 

Apa saja yang menyebabkan rambut kering dan bagaimana mengatasinya? Yuk simak bersama REE!

 

Penyebab rambut kering

1. Paparan panas matahari 

Sinar matahari dapat membuat rambutmu lebih kering dan kasar daripada biasanya. Hal ini dapat diatasi dengan menghindari berpanas-panasan di bawah matahari dalam waktu yang lama. Jika harus berada di bawah matahari, kamu dapat menggunakan topi atau scarf untuk melindungi rambutmu. 

2. Terlalu sering keramas

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang dengan rambut kering adalah mencuci rambut terlalu sering. Mencuci rambut dengan shampoo malah dapat membuat rambut semakin kering karena kegiatan mencuci rambut dengan shampoo dapat membuat kulit kepala kehilangan minyak alaminya.

3. Jarang menggunakan conditioner

Walaupun terdengar sepele, penggunaan conditioner sangat penting untuk kesehatan rambut. Rambut yang dikeramas tanpa conditioner dapat menjadi kering dan kasar.

 

4. Pemakaian alat panas secara berlebihan

Jika kamu menggunakan hairdryer panas maupun catokan panas setiap hari, kamu perlu menghentikan kebiasaan ini. Panas yang dihasilkan hairdryer maupun catokan dapat membuat rambut rusak dan kering.

Mengatasi Rambut Kering

Nah setelah mengetahui ciri - ciri rambut kering, dan apabila kamu mengalaminya, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini untuk mengatasinya ya!

 

1. Rutin menggunakan Ree Derma Hot Oil hingga ujung rambut.

Rambut kering dapat terjadi karena kulit kepala tidak memproduksi cukup minyak untuk melembapkan rambut. Hal ini dapat kamu atasi dengan mengaplikasikan Hot Oil ke kulit kepala secara merata, dan mengaplikasikan Hot Oil hingga ujung rambut. Hot Oil dapat melembapkan rambut dan mengatasi rambut kamu yang kering.

2. Rutin mengaplikasikan conditioner dan hairmask.

Conditioner dan hairmask dapat membantu rambut agar tidak kering dan menghindari rambut dari kerusakan. Biasakan menggunakan conditioner setiap keramas serta menggunakan hairmask setiap 1 minggu agar rambut lembap dan halus.

3. Mengurangi penggunaan hair styling tool yang panas

Agar rambut tidak terus menerus kering, kamu dapat mengurangi penggunaan catokan maupun hairdryer. Sebagai gantinya, kamu dapat mencoba menggunakan handuk microfiber agar rambut kering lebih cepat atau dapat mencoba cara heatless curl agar rambut dapat menjadi keriting tanpa alat panas.

4. Memotong ujung rambut secara rutin

Orang dengan rambut kering biasanya memiliki ujung rambut yang kasar dan bercabang. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat memotong ujung rambut secara rutin dalam 2-3 bulan sekali agar rambut tetap halus dan lembut hingga ke ujung.